Home
Hadapi MEA, Transhipmen Perlu Dibenahi
Redaksi KEI FM / Wednesday, 02 December 2015 02:28

WaKo-BatamMemasuki Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) akhir tahun ini, beberapa sektor perlu mendapat perhatian, khususnya pelabuhan. Berada dijalur lintasan strategis, sektor tersebut masih tertinggal dari beberapa negara lain. Walikota Batam Ahmad Dahlan mengatakan, bila MEA sendiri berlaku maka Batam dianggap salah satu daerah yang paling siap di Indonesia, apalagi dibandingkan dengan kabupaten/kota lainya di Kepri. Namun demikian, masalah pelabuhan harus terus dibenahi.

“Sektor pelabuhan atau Port saya akui memang belum. Tapi tidak semua sektor, hanya di Transhipmen,”ujar Dahlan, Selasa (1/12).
Saat ini, pelabuhan di Batam sistem bongkar muatnya masih menggunakan crane yang dioperasikan secara manual untuk mengangkat satu kontainer dari kapal ke pelabuhan atau diatas truk. Bila dibandingkan dengan Singapura, peralatannya cukup mumpuni dan kapasitas pelabuhan yang besar.

Sektor pelabuhan, lanjut Dahlan beberapa waktu lalu sudah ada dua investor yang tertarik. Namun gagal sebelum dilakukan kontrak. Kini pelabuhan di Batam tengah dilakukan perbaikan dengan menggunakan anggaran pemerintah pusat.

Disinggung mengenai kegiatan seremoni menyambut MEA itu sendiri, Ahmad Dahlan mengaku hingga hari ini belum ada wacana. Kegiatan dimaksud, tergantung dari pemerintah pusat. Namun, hal ini dianggap tidak begitu penting dibanding persiapan lainya.

“Itu tidak begitu lah. Sekarang ini yang penting bagaimana kita mempersiapkan tenaga kerja kita yang terampil, bersertifikat. Sehingga kita tidak hanya menjadi objek, tapi bagaimana kita bisa mengekspor tenaga kerja juga,”jelasnya.

“Ini harus disikapi. Bukan tidak khawatir juga, tapi memang perlu persiapan. Kita ingat, peresmian rumah sakit Elisabet. Disana Jhon Kennedy salah satu komisarisnya mengatakan pada 2016 akan menandatangani kerjasama kontrak dengan dokter Malaysia,”katanya(Media Centre)

Share this post

Add comment


Security code
Refresh

logo KEI 102.3 FM

Streaming

streaming2012-1request2012-nyamping

Facebook

CHRISTYKIDS

Statistics

mod_vvisit_counterToday144
mod_vvisit_counterYesterday116
mod_vvisit_counterThis week513
mod_vvisit_counterThis month20842
mod_vvisit_counterAll days2632620

We have: 60 guests online
Your IP: 54.166.123.247
 , 
Today: Mar 28, 2017

PETA BATAM

Peta_Batam