Home
Pengusaha Inggris Makin Tahu Batam
Redaksi KEI FM / Thursday, 02 April 2015 10:10

investor_inggris_2Meningkatkan promosi Pulau Batam sebagai daerah investasi dan kawasan perdagangan bebas, BP Batam bekerjasama dengan British Chamber of Commen (Britcham) menggelar temu bisnis (business gathering) di Jakarta dengan para pengusaha dari negara Inggris, Kamis (26/3) lalu di Hotel Ritz Charlton, Mega Kuningan, Jakarta. Lewat acara ini, pengusaha Inggris menjadi semakin tahu tentang potensi bisnis Batam. 

Britcham merupakan komunitas yang dibentuk dengan misi memfasilitasi hubungan perdagangan dan investasi antara Indonesia dengan Inggris (human resources, retail, infrastructure, energy, manufacture and food and argiculture) yang tujuannya murni untuk membantu anggota Britcham dalam pengembangan bisnis organisasi termasuk dalam hal memulai kegiatan bisnis, yang mitranya adalah Kadin, Apindo, BKPM serta beberapa kementerian terkait.

Kegiatan busines gathering tersebut dihadiri oleh Wakil Kepala BP Batam Jon Arizal, Mr. Chris P. Wren (Executive Director) British Chamber of Commerce Indonesia, Dr. Paul Brunet (Managing Director) PT. Citra Tubindo dan PT. Dwi Sumber Arca Waja, Asroni Harahap selaku Penasehat BP Batam, Direktur Investasi dan Pemasaran Purnomo Andiantono, Direktur PTSP dan Humas serta dihadiri sekitar 30 pengusaha yang berasal dari Inggris yang berada di Jakarta dan bergerak diberbagai macam bidang usaha, baik industri oil and gas, perbankan, manufaktur dan jasa.

Wakil Kepala BP Batam Jon Arizal dalam sambutannya mengatakan kegiatan Business Gathering dengan tema Batam Investment Updates 2015 dimaksudkan untuk menyampaikan informasi perkembangan Batam sebagai kawasan FTZ (Free Trade Zone) yang merupakan salah satu kawasan industri yang berkembang di wilayah Indonesia dan Asia.

Ia juga mengatakan bahwa dengan ketersediaan infrastruktur, seperti bandara, pelabuhan, jalan, komunikasi, listrik, air bersih serta Informasi teknologi di Batam menjamin para investor dan calon investor untuk dapat melakukan kegiatan investasinya dengan baik, sehingga kegiatan produksi maupun aktivitas usaha lainnya dapat berjalan dengan semestinya.

Jon Arizal menjelaskan Batam merupakan sebuah pulau yang dikembangkan sejak tahun 1970 oleh pemerintah pusat sebagai kawasan industri yang nantinya akan dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi, khususnya di wilayah tersebut, dan seiring dengan perkembangan zaman keberadaan Pulau Batam dinilai sangat penting untuk pertumbuhan ekonomi secara nasional.

Jon Arizal menambahkan dengan berbagai fasilitas yang dimiliki oleh Batam, para calon investor sudah tidak perlu lagi untuk ke Jakarta untuk mengurus perijinan, karena di Batam sejak tahun 2006 sudah dibentuk Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di mana seluruh perijinan untuk melakukan kegiatan usaha dilakukan di tempat tersebut, yaitu gedung Sumatera Promotion Centre (SPC).

Pada business gathering tersebut BP Batam juga mengundang Dr. Paul Burnet (Managing Director) dari PT. Citra Tubindo Tbk., dan PT. Dwi Sumber Arca Waja yang sudah beroperasi di Batam sejak tahun 1983.

Paul Burnet menceritakan kepada para pengusaha Inggris bagaimana dahulu Batam merupakan sebuah pulau yang tidak memiliki begitu banyak perhatian dari pemerintah pusat, akan tetapi sejak adanya Otorita Batam (BP Batam), Pulau Batam ternyata memiliki potensi yang sangat besar dengan letaknya yang sangat strategis. “Pulau Batam sekarang sudah menjadi salah satu kawasan investasi yang berkembang di wilayah Asia Pasifik,” ujar Paul Burnet.

Paul juga mengatakan dengan ketersediaan infrastruktur di Batam merupakan suatu hal yang sangat penting dalam meningkatkan pertumbuhan investasi dan industri di wilayah ini. Dengan adanya pengembangan infrastruktur yang memadai sejak tahun 90-an banyak investor yang datang ke Batam dan menanamkan modalnya.

Adapun pertanyaan yang diajukan oleh para peserta antara lain pengembangan market yang ada di Batam, insentif yang diberikan Batam untuk para calon investornya, serta industri yang saat ini sedang berkembang dan rencana pengembangan ke depan. (haluankepri.com) 

Share this post

Add comment


Security code
Refresh

logo KEI 102.3 FM

Streaming

streaming2012-1request2012-nyamping

Facebook

CHRISTYKIDS

Statistics

mod_vvisit_counterToday101
mod_vvisit_counterYesterday1601
mod_vvisit_counterThis week4072
mod_vvisit_counterThis month18209
mod_vvisit_counterAll days2653305

We have: 18 guests online
Your IP: 54.146.27.245
 , 
Today: Apr 27, 2017

PETA BATAM

Peta_Batam