Home
Sehari Padam 2,5 Jam, Listrik Batam Byar Pet
Redaksi KEI FM / Tuesday, 24 March 2015 02:33

bright_pln_batam_2Listrik di Kota Batam akan byar pet alias padam bergilir hingga 3 April 2015 mendatang. PT PLN Batam beralasan, pemadaman terpaksa dilakukan  karena sedang melakukan perawatan pada salah satu mesin Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Tanjung Kasam. 

Pemadaman listrik secara meluas itu mulai berlangsung Senin (23/3) kemarin. Durasi pemadaman di setiap wilayah, akan berlangsung hingga 2,5 jam setiap harinya.

Coorporate Communication b'right PLN Batam, Rudi Antono menjelaskan, pemadaman bergilir akan dilakukan dari tanggal 23 Maret hingga 3 April mendatang. Langkah pemadaman bergilir hanya akan dilakukan pada hari kerja, sementara Sabtu dan Minggu kebutuhan listrik warga Batam akan tetap terakomodir 24 jam.

"Mesin PLTU yang di Tanjung Kasam, dengan kapasitas 55 MW sedang dalam masa pemeliharaan dari tanggal 23 Maret sampai 3 April mendatang. Karena PLTU tersebut memiliki kapasitas daya yang besar, sehingga ketika masuk masa pemeliharaan terjadi defisit daya. Karena itu kita terpaksa melakukan pemadaman bergilir," jelas Rudi kepada wartawan.

Menurut pemaparan Rudi, jika seluruh pembangkit PLN berfungsi optimal, daya maksimal yang bisa terakomodir adalah sekitar 340 MW. Saat ini, PLN harus menyediakan 311 MW daya untuk seluruh pelanggannya. Sehingga, ketika 1 pembangkit dengan kapasitas 55 MW masih masa pemeliharaan, maka defisit daya memang tidak bisa dihindari.

"Jadi kondisi ini memang tidak bisa kita hindari, harus ada pemadaman. Karena kalau pagi kita perkirakan defisit daya berkisar 26 MW, 30 MW di siang hari dan malam hari 16 MW. Sementara untuk Sabtu dan Minggu masih bisa terakomodir karena beberapa idustri yang biasa menggunakan daya besar tidak beroperasi," paparnya.

Pemadaman sendiri akan dibagi setiap sektor mulai pukul 9 pagi. Setiap wilayah hanya akan mengalami pemadaman maksimal 2 kali, dengan durasi waktu maksimal 2,5 jam tergantung konsumsi daya di wilayah tersebut.

"Jadi tidak sama antara lokasi satu dengan yang lain, tergantung penggunaan dayanya. Rinciannya bisa lihat di website PLN atau menghubungi PLN langsung di contact centre 123. Kalau nanti ada satu wilayah yang pemadamannya lebih dari 2 kali, dan lebih dari 2,5 jam, maka bisa dipastikan itu bukan karena pemeliharaan pembangkit, namun karena masalah lain," pungkasnya.

Ditanya langkah ke depan agar tidak lagi terjadi pemadaman bergilir karena alasan pemeliharaan, Rudi menjelaskan bahwa pihaknya tengah memperisapkan sebuah pembangkit lagi. Sayang, Rudi belum mau buka-bukaan mengenai pembangkit tersebut.

"Kami sedang ada project untuk hal itu. Target baru bisa berfungsi sekitar Juli 2015. Pembangkitnya adalah PLTG," ungkapnya.

Selain itu, Rudi juga berpesan kepada pelanggannya untuk menggunakan daya listrik dengan bijaksana. Menurutnya, pelanggan harus lebih memperhatikan penghematan daya listrik, terutama saat terjadi pemeliharaan. 

Share this post

Add comment


Security code
Refresh

logo KEI 102.3 FM

Streaming

streaming2012-1request2012-nyamping

Facebook

CHRISTYKIDS

Statistics

mod_vvisit_counterToday103
mod_vvisit_counterYesterday1601
mod_vvisit_counterThis week4074
mod_vvisit_counterThis month18211
mod_vvisit_counterAll days2653307

We have: 20 guests online
Your IP: 54.146.27.245
 , 
Today: Apr 27, 2017

PETA BATAM

Peta_Batam